Bagian I.
“Ilir-ilir” merupakan salah satu bentuk “lagu akulturatif” dari tembang dolanan bocah yang ditafsirkan
sebagai bagian dari proses edukasi Islam abad ke-17 tentang sistem makna
keagamaan terhadap anak-anak yang dikembangkan dengan model bermain,
sebagaimana lagu-lagu lainnya seperti “Padhang
rembulan”. Sebagaimana dituliskan Sunarno Sisworahardjo (1953) yang
kemudian dikutip Solichin Salam, lagu Ilir-ilir
itu sebagai berikut:
“Lir ilir, lir ilir, tanduré wis anglilir, sing ijo royo-royo, tak
sengguh pengantèn anyar; cah angon-cang angon, pènèkna blimbing kuwi,
lunyu-lunyu pènèkna, kanggo masuh dhodhotra; dhodhotira, dhodhotira, kumitir
bedhah ing pinggir, dondomana jrumatana, kanggo seba mengko sore; mumpung gedhè
rembulanè mumpung, jembar kalangané, dha suraka surak horé…”
Maksud lagu tersebut, ialah: Sang
bayi yang baru lahir di alam dunia ini adalah masih suci bersih, masih murni,
sehingga ibarat mempelai baru, siapa saja ingin memandangnya. “Bocah angon” (penggembala) itu diumpamakan
santri, mualim, artinya orang yang menjalankan syariat agama. Sedang “blimbing” itu diibaratkan sebagai perumpamaan
untuk menunjukkan, bahwa biasanya buah belimbing itu terdiri dari lima belahan, yakni menjalankan sembahyang lima waktu. Meski “lunyu” (licin), agar dipanjat juga,
yakni kendati sembahyang itu susah namun kerjakanlah. Untuk membasuh “dhodhot”
(pakaian) dimaksudkan membasuh hati dan jiwa kita yang kotor. Karena itu
hendaklah diperbaiki untuk mempersiapkan
diri menghadap ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa. Manfaatkan waktu atau
kesempatan yang masih ada
Lagu tersebut merupakan bagian
dari pembentukan symbol-simbol estetis pada wilayah pendidikan, yang ditafsirkan sebagai
bagian dari proses edukasi tentang sistem makna keagaamaan terhadap anak-anak
yang dikembangkan dengan model bermain, meski ada pula yang menafsirkannya
sebagai bagian dari symbol pertanda canang perang terhadap Majapahit. Dengan
segala variasinya, tebal-tipis mendalam-pulasan dan asli-duplikasi, citarasa
Islam begitu terbelesit melekat dalam aspek wadah atau pun isi-kandungan
pelbagai unsur kebudayaan Jawa. Sangat kuat perjumbuhan antara agama dengan
kebudayaan jika kita mencermati pelbagai karya-karya sastra Jawa, seperti yang
begitu eksplisit di--termuat dalam “Serat
Wulang Rèh” (1809) anggitandalem Sri Pakubuwana IV:….
”Sasmitaning ngaurip puniki, mapan éwuh yèn ora weruha, tan jumeneng ing
uripé, akèh kang ngaku-aku, pangrasané sampun udani, tur durung wruh ing rasa,
rasa kang satuhu, rasaning rasa punika, upayanen darapon sampun ugi, ing
kauripanira Jroning Kur’an nggoning
rasa yekti, nanging pilih kang uninga, kajaba lawan tuduhé, nora kena dènawur,
ing satemah nora pinanggih, mundhak katalanjukan, temah sasar susur, yèn sira
ayun waskitha, sampurna ing badanira puniki, sira anggugurua” Nanging
yèn sira nggeguru kaki, amiliha manungsa kang nyata, ingkang becik
martabaté, sarta kang wruh ing kukum, kang ngibadah lan kang wirangi, sokur
oleh wong tapa, ingkang wus amungkul, tan mikir pawèwèhing lyan, iku pantes
sira guronana kaki, sartané kawruhana Lamun
ana wong micarèng ngèlmi, tan mupakat ing patang prakara, aja sira agé-agé,
anganggep nyatanipun, saringana dipun baresih, limbangen lan kang patang;
prakara rumuhun, dalil kadis lan ijemak, lan kiyasé papat iku salah siji, anaa
kang mupakat” Ana uga kena
dènantepi, yèn ucul saka patang prakara, nora énak legetané, tan wurung tinggal
wektu, panganggapé wus angengkoki, aja kudu sembahyang, wus salat katèngsun,
banjuré mbuwang saréngat, batal karam nora nganggo dènrawati, bubrah sakèhing
tata”….
Pembentukan symbol di dalam
masyarakat Jawa, umumnya menyatukan Islam dalam adat istiadat, terutama
mengenai simbol-simbol estetiknya. Dalam
“Suluk Wujil” (1607M), terutama bait
89-91 dan 99-100, menunjukkan bahwa Sunan Bonang memiliki panggung permanent
untuk pertunjukan wayang. Sunan Bonang memahami wayang dengan makna yang lebih
luas, sebagaimana setelah mereka menonton wayang lakon Baratayuda yang
dituliskan pada masa Prabu Jayabaya di Kediri, Sunan Bonang mengajak untuk
mendiskusikan. “Sasampunipun sami
alinggih, Hih yayi Malaya nedha padha, winicara niki mangké, punang awayang
wahu, lalakoné punang angringgit, anganggé Kresna duta, semuné ki empu, nedha
sami winicara, sinemokèn agama Islam puniki, padha turuna sabda.” Dalam
pada itu akhirnya Sunan Bonang menyampaikan pandangannya, bahwa bahwa
peperangan dalam ceritera wayang tidak hanya menunjukkan perangnya antar
kebenaran dan kejahatan yang akhirnya dimenangkan oleh kebenaran. Menurutnya,
dalam peperangan itu perlawanan antara nafi dan isbat merebut musbat. Kresna
diibaratkan “cermin;” maka tergantung
dari cermin itulah siapa yang akan menang atau kalah.
(sumber: posting yang pernah muncul dan kini sudah dihapus di grup Facebook: Pawiyatan Kebumenan http://www.facebook.com/groups/416299891783753/)
Casino Site - luckyclub.live - LuckyClub
BalasHapusCasino Site - luckyclub.live. Latest Live Games. Get your hands luckyclub on some of the most popular slots, video poker, live casino games, blackjack & poker